Manajer Unit Produksi adalah pemain administratif yang penting dalam hal “bisnis” bagian dari bisnis pertunjukan. Dipekerjakan oleh produser dan melapor ke/membantu produser lini, tanggung jawab utama mereka adalah menjaga anggaran dan tugas semua orang, menyiapkan dan memantau jadwal syuting, menyetujui lembar panggilan, meninjau dan memperbarui laporan produksi, dan mengelola kegiatan sehari-hari. operasi produksi. Meskipun ini mungkin terdengar mirip dengan pekerjaan produser lini, Unit Production Manager (UPM) umumnya lebih aktif dan hadir di lokasi, memastikan bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam pengambilan gambar berjalan lancar tanpa hambatan, sementara produser lini lebih fokus pada "gambaran besar" dan logistik anggaran dan jadwal; pada dasarnya, produsen lini membuat rencana dan UPM menjalankannya.

Pada beberapa produksi yang lebih kecil, biasanya posisi ini dikonsolidasikan ke satu orang.

Sementara tugas utama mereka dapat bervariasi tergantung pada proyek, UPM terutama bertanggung jawab atas rincian skrip (mengatur semua elemen teknis dan kreatif yang diperlukan untuk membuat setiap adegan terjadi) dan kru di bawah garis: mempekerjakan, membuat keputusan anggaran yang penting , menandatangani setiap dan semua cek untuk kas kecil anggota kru dan/atau vendor yang diperlukan untuk lokasi syuting, memastikan syuting sesuai dengan jadwal dan menengahi/membuat perubahan untuk memastikan produksi yang efisien. Mereka sangat terlibat dari pra-produksi melalui fotografi utama, memantul bolak-balik antara set dan kantor.

Manajer Unit Produksi Heidi McGowen (“Blackish,” “Silicon Valley”) mengatakan bahwa dialah yang “mempekerjakan kru...semua teknisi [dan] pengrajin yang berbeda, yang benar-benar mengerjakan acara televisi dan menyatukannya, jadi kamera operator, artis, penata rias... prop people... ada banyak, banyak divisi... dan saya yang mempekerjakan mereka.

“Saya juga mengatur anggaran operasional kami [dan] saya mengalokasikan ke mana uang itu pergi dan departemen mana. Saya memiliki banyak orang yang membantu saya melakukan itu .... Saya juga membantu asisten sutradara mengatur set kami, jadi ketika para aktor datang untuk bekerja, kami memberi mereka jadwal tentang apa yang akan kami lakukan, apa yang kami lakukan. 'akan syuting, dan saya membantu asisten direktur, direktur...ini adalah seluruh tim...Saya membantu mereka membuat keputusan tentang apa yang sebenarnya akan kami lakukan."

Selama syuting, UPM dirujuk mengenai masalah keuangan, memantau pekerjaan sepanjang hari sehingga mereka nantinya dapat menulis laporan produksi terperinci, dan mengukur apa yang dibutuhkan anggota kru untuk melakukan pekerjaan mereka.


Departemen

Produksi

Jabatan Alternatif untuk Manajer Unit Produksi

UPM, manajer produksi, supervisor produksi

Hirarki Kru

Manajer produksi unit melapor kepada produser lini, produser, dan EP, dan bekerja sangat erat dengan sutradara dan 1st AD. Karena mereka mengawasi anggaran dan memantau status di banyak departemen, mereka terus berkorespondensi dengan semua anggota kru. Manajer produksi unit mengawasi koordinator produksi.

Gaji Manajer Unit Produksi

Upah tahunan rata-rata untuk manajer produksi industri pada film studio multi-juta dolar pada tahun 2018 adalah $103.380, atau $49,70 per jam. Dan sebuah laporan tahun 2006 oleh Forbes, menemukan bahwa UPM dapat mengharapkan kira-kira “$3.500 hingga $4.800 per minggu.” Meskipun perlu diingat bahwa rentang pendapatan ini mencakup semuanya, mulai dari produksi independen beranggaran rendah hingga acara TV multi-episode hingga blockbuster beranggaran besar.

Di Amerika Serikat, manajer produksi unit yang berserikat diwakili oleh Directors Guild of America, yang memberi anggota tarif minimum dan tunjangan yang ditetapkan.

Bagaimana Menjadi Manajer Unit Produksi

Hampir setiap manajer produksi unit memulai sebagai PA, yang masuk akal karena, melalui pekerjaan itu, seseorang mempelajari seluk beluk setiap departemen dan menjalin hubungan baik dengan anggota kru, yang merupakan mayoritas posisi UPM. Melalui pengalaman bertahun-tahun yang diperoleh, bekerja sangat keras, dan jaringan, kemajuan bertahap termasuk menjadi asisten produksi utama, 1st AD, produser lini, dan koordinator produksi sebelum melakukan pertunjukan. Perlu dicatat bahwa, meskipun ini adalah jalur umum, ini bukan segalanya.

Bagi McGowen, posisinya sebagai manajer produksi unit yang sukses dan dicari muncul melalui rasa ingin tahu yang sederhana dan mengajukan banyak pertanyaan. Dia magang di CNN, mengejar bidang jurnalisme dengan tujuan awalnya menjadi reporter hard news. Selama perjalanan pulang kerja di afiliasi ABC di Atlanta, dia mengobrol dengan asisten produksi yang menghalangi jalan untuk syuting film, yang "menanam benih" di kepalanya.

“Saya mulai mengambil kelas di community college [di Atlanta] dan belajar lebih banyak tentang produksi film,” katanya. “Akhirnya, melalui salah satu kelas, saya bertemu dengan seorang manajer produksi...dan saya bertanya apakah saya bisa mewawancarainya. Saya melakukannya dan pergi dan berbicara dengannya dan menanyakan banyak pertanyaan tentang apa yang dia lakukan dan apa pekerjaannya, dan dia merekomendasikan saya ke koordinator produksi untuk bekerja sebagai asisten produksi...jadi saya akhirnya berhenti pekerjaan saya di ABC dan mengerjakan film.”

Pertunjukan itu menyebabkan semakin banyak pekerjaan PA di semakin banyak film. “Ketika saya menjalani proses itu, saya mengetahui bahwa ada orang-orang yang berada di DGA...Saya mengejar itu. Saya masuk ke DGA dan menjadi AD ke-2. Saya mengerjakan berbagai proyek....televisi, film multi-kamera...Saya melakukan apa saja dan semua yang dapat Anda pikirkan, dan dari situ, saya menjadi AD pertama dengan sangat singkat karena saya telah belajar tentang manajer produksi dan produser dan saya berpikir, 'Nah, itulah yang ingin saya coba.'”

Manajer Produksi Unit Diperlukan Pengalaman + Keterampilan

Tugas manajer produksi unit, pertama dan terutama, adalah sebagai organisator. Mereka harus dapat bekerja dan berkomunikasi dengan banyak orang di setiap departemen sekaligus, berurusan dengan kepribadian yang berbeda, memindahkan mereka, dan membawa semua orang dari titik A ke titik B. Adalah tanggung jawab mereka untuk menjaga dokumen dan kontrak tetap teratur. dan mereka harus tahu bagaimana berpegang teguh pada jadwal. Menjadi orang logistik adalah wajib.

Penting juga bagi UPM yang baik untuk menjadi yang terbaik dengan angka; mereka harus mampu melihat anggaran dan proyek yang ada, dan secara akurat menentukan berapa banyak semua yang dibutuhkan untuk itu akan dikenakan biaya, dipecah ke masing-masing departemen. Mereka harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produksi film dan bagaimana sebuah set dijalankan. Bagi mereka yang bercita-cita untuk mengambil posisi ini, dianjurkan untuk memiliki gelar sarjana dan/atau pascasarjana, atau latar belakang yang luas, dalam film, bisnis film, keuangan, matematika, akuntansi, dan/atau statistik.