Apa yang Dilakukan Koordinator Produksi?

Koordinator produksi adalah karyawan tingkat pemula yang bekerja di kantor produksi dan bertanggung jawab untuk menjaga agar segala sesuatu di belakang layar berjalan dengan lancar. Peran utama mereka adalah membantu manajer produksi unit film, yang mungkin menugaskan mereka dengan mengawasi asisten produksi dan asisten koordinator produksi, mengatur banyak kru, mengawasi dan melacak jadwal syuting, anggaran, persewaan peralatan, harian, katering, transportasi, dan lokasi, memastikan aktor tahu di mana harus berada dan kapan, dan umumnya bertindak sebagai orang yang ditunjuk/komunikator antara studio/perusahaan produksi dan kru.

Selain itu, koordinator produksi bertanggung jawab atas kantor produksi, bekerja sepanjang waktu untuk memesan persediaan yang dibutuhkan, mengelola staf, menangani panggilan telepon dan email, memastikan tagihan diproses dan dibayar, dan mengatur lembar panggilan, laporan produksi, jadwal, pembaruan skrip, dokumen asuransi, izin kerja, dan visa, di antara tugas-tugas lainnya. Mereka kebanyakan tetap di kantor dan sangat jarang di lokasi syuting.

Dapatkan Pemeran Hari Ini.

Departemen

Produksi

Jabatan Alternatif untuk Koordinator Produksi

Koordinator kantor produksi

Hirarki Kru

Sebagai bagian dari staf produksi di bawah lini, koordinator produksi melapor ke UPM. Mereka bertanggung jawab atas PA kantor dan, tergantung pada ukuran proyek, asisten koordinator produksi.

Gaji Koordinator Produksi

Gaji tahunan rata-rata untuk koordinator produksi film adalah $36.000 pada 2013. Individu dengan bayaran lebih tinggi dalam posisi ini bekerja di Los Angeles, menghasilkan sekitar $40.000, sementara mereka yang berbasis di Hawaii memperoleh $26.000.

Koordinator produksi diwakili oleh IATSE Local 871, yang menetapkan tarif minimum standar pada serikat pekerja.

Bagaimana Menjadi Koordinator Produksi

Sudah umum bagi koordinator produksi untuk memulai sebagai PA dan naik ke asisten koordinator produksi sebelum mendapatkan posisi ini. Bekerja tanpa henti dari pra-produksi sepanjang produksi, dan selalu menjadi yang pertama tiba di kantor dan terakhir pulang, pekerjaan ini selalu bergerak dan melelahkan, tetapi merupakan peran penting dan bermanfaat dalam skema besar membuat film menjadi kenyataan. . Mereka bekerja lepas dengan basis pertunjukan-ke-pertunjukan, tetapi dengan setiap pekerjaan datang lebih banyak jaringan dan koneksi dan peluang yang lebih baik untuk pekerjaan tetap.

“Bagian paling menegangkan dari pekerjaan kami pada dasarnya adalah menyeimbangkan kehidupan secara keseluruhan karena produksi adalah pekerjaan 24-7,” kata Shirazi. “Saat kami tidak syuting, kami kembali ke hari biasa sekitar 12 jam. Tetapi ketika Anda sedang syuting, produksi adalah hidup Anda. Orang-orang akan menelepon Anda sepanjang malam, membutuhkan apa pun mulai dari peralatan hingga penggantian…. Bagian terbaik dari pekerjaan ini adalah setiap hari berbeda.... memacu adrenalin.... selalu mengasyikkan dan selalu serba cepat. Bagian terburuk tentang pekerjaan itu adalah pekerjaan itu lepas. [Untuk] seseorang yang tidak menikmati kurangnya stabilitas, ini bisa sangat mematikan.”

Koordinator Produksi Diperlukan Pengalaman + Keterampilan

Sebagai koordinator produksi, sangat penting untuk menjadi hebat dengan organisasi, administrasi, pemecahan masalah, manajemen waktu, komunikasi (dengan kru dan aktor Anda), dan sangat didorong oleh tenggat waktu. Sebagian besar pekerjaan adalah memimpin tim, jadi sangat penting untuk memiliki keterampilan interpersonal dan negosiasi yang kuat.

Untuk naik ke proyek yang lebih besar dan lebih baik, dan membuat diri Anda menonjol di mata manajer produksi dan atasan lainnya, tidak ada jalan lain: Anda harus bekerja keras dan membangun jaringan. Sikap yang baik, kepala yang datar, dan membuat kesan pertama yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda benar-benar sangat membantu dalam posisi ini. Ini juga akan membantu untuk menjadi mahir/berpengetahuan luas dalam hal pembuatan film, logistik produksi, dan komputer. Gelar sarjana dan/atau pascasarjana dalam film dan/atau komunikasi hanya dapat membantu, tetapi pendidikan terbaik adalah pendidikan yang ada di lokasi syuting, jadi disarankan untuk magang atau mendapatkan pekerjaan sebagai PA.