Panduan Menjadi Seorang Produser

Pekerjaan produser film sangat luas, dan dapat bervariasi dari satu proyek ke proyek lainnya. Terkadang, seorang produser berperan dalam nama lebih dari apa pun; di lain waktu, mereka siap setiap hari dan bekerja sama dengan direktur untuk memastikan mereka memiliki semua yang tersedia—dan sesuai anggaran—untuk mencapai visi mereka. Bagi mereka yang tertarik mengejar karir sebagai produser, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang profesinya.

Apa yang dilakukan seorang produser, dalam Produksi Film Panjang?

Umumnya, produser adalah orang yang memulai proyek dan mengawasinya, mulai dari proses kreatif hingga distribusi dan rilis. Misalnya, selama produksi, produsen dapat berfungsi sebagai bos di lokasi syuting, memastikan keputusan sebelumnya dilakukan dan membantu menghindari kesalahan yang merugikan. Saat syuting selesai, produser bergerak ke pascaproduksi, mengawasi semuanya mulai dari pemotongan kasar awal hingga final. Mereka juga mengawasi pemutaran tes dan perubahan apa pun yang perlu dilakukan sebagai hasilnya. Dengan produk jadi di tangan, produser kemudian beralih ke pemasaran film.

Pada proyek yang lebih kecil, peran produser kira-kira sama, meskipun pada produksi dengan anggaran sangat rendah, mereka dapat berfungsi sebagai produser-sutradara-editor hibrida. “Elemen dasarnya tetap sama, baik anggarannya besar atau kecil,” kata produser Bonnie Curtis (“The Lost World: Jurassic Park,” “The Chumscrubber”). “Dalam proyek studio, ada unsur politik…. Anda harus menghabiskan sedikit waktu Anda untuk berkomunikasi dengan studio tentang setiap elemen film Anda, [dan] ada proses persetujuan yang terkait dengan itu. Film independen persis seperti itu—terlepas dari persetujuan itu. Dengan film independen, tekanan datang dari pembiayaan.”

Keterampilan apa yang dibutuhkan, untuk menjadi produser yang sukses?

Pemahaman holistik tentang pembuatan film dan bagaimana proyek sebenarnya dibuat sangat penting untuk menjadi produser yang baik. Kesadaran dasar dari setiap departemen dan apa yang mereka lakukan juga merupakan persyaratan.

Keterampilan No. 1 yang harus dimiliki seorang produser adalah organisasi; jika Anda tidak dapat memperhitungkan setiap dolar yang dihabiskan dan setiap dolar yang tersisa, Anda akan hancur bahkan sebelum Anda memulai.

Produser juga harus sangat nyaman dengan orang-orang, karena mereka adalah orang yang menjadi tujuan aktor, penulis, anggota kru, dan pemodal dengan masalah mereka. Jika mereka tidak dapat mengatasi kekhawatiran mereka, hal itu dapat menimbulkan masalah di seluruh produksi. Pada akhirnya, meskipun ada program pendidikan tinggi seperti di New School dan Hartt School yang mengajarkan administrasi dan manajemen seni—latar belakang yang bagus untuk bekerja sebagai produser—“satu-satunya cara untuk menjadi produser film adalah dengan memproduksi film. Polos dan sederhana,” kata produser-penulis skenario Ken Miyamoto. “Anda harus menjadi penggerak dan pengocok sejati. Anda harus menjadi salesman atau pramuniaga sejati. Anda harus memancarkan kepercayaan diri dan kekuatan.”

Apa pekerjaan utama seorang produser, dalam Produksi Film Panjang?

Ada sejumlah pekerjaan produksi film yang berada di bawah payung "Produser". Selain produsen umum yang dijelaskan di atas, jenis produsen utama lainnya adalah:
  • Associate Producer: Seperti judulnya, associate producer pada dasarnya adalah associate dari produser utama dan bekerja di bawah garis dan di bawah mereka. Sebagaimana asisten sutradara (AD) bagi sutradara, demikian pula produser asosiasi bagi produser; mereka tidak selalu membuat keputusan besar, tetapi mereka ada untuk membantu orang-orang yang melakukannya. Seperti produser itu sendiri, mereka terlibat baik di tingkat kreatif maupun praktis dalam pembuatan film. Ini adalah posisi yang bagus untuk memulai karir produksi dan mendapatkan pengalaman.
  • Produser kreatif: Peran produser kreatif adalah membantu mewujudkan elemen kreatif film menjadi kenyataan. Dalam hal ini, mereka adalah jembatan antara tim kreatif dan tim operasional. Mereka harus menjadi bagian yang sama kreatif dan praktis, pemecah masalah yang tidak menghindar dari ide-ide berani.
  • Produser pascaproduksi: Peran produser pascaproduksi (proyek yang lebih besar sering kali memiliki lebih dari satu) adalah yang paling berbeda dari produser reguler. Mereka tidak terlibat dalam praproduksi atau proses produksi sama sekali, dan hanya hadir selama proses penyuntingan. Mereka harus menjadi editor video yang terampil dan sangat berpengalaman dalam suara, serta segala jenis efek visual yang mungkin diperlukan suatu proyek.

Perusahaan apa yang paling banyak mempekerjakan produsen?

Produser film adalah pemula yang sering membuat peluang sendiri. Dengan demikian, "pekerjaan produser film" tidak biasa seperti, katakanlah, pekerjaan operator kamera. Namun, untuk pekerjaan produksi yang lebih terspesialisasi seperti peran rekanan dan pascaproduksi yang dijelaskan di atas, Anda dapat dipekerjakan oleh perusahaan produksi dan media. Sebagian besar waktu, pekerjaan produser ini akan dilakukan secara lepas dan hanya akan berlangsung dalam waktu terbatas hingga penyelesaian proyek (atau penyelesaian fase proyek yang membutuhkan Anda). Namun, perusahaan-perusahaan ini akan sering mempekerjakan kembali orang yang sama untuk banyak proyek berbeda jika mereka melakukan pekerjaan dengan baik untuk pertama kalinya!

Apa saja yang mungkin dikerjakan, seseorang sebagai produser dalam Produksi Film Panjang??

Jumlah produser serta tanggung jawab mereka yang sebenarnya akan bergeser, tetapi film layar lebar, film pendek, film indie, film animasi, dan film studio beranggaran besar semuanya memiliki setidaknya satu produser yang mengerjakannya. Tetapi produser tidak terbatas hanya pada film. Televisi, media yang paling produktif saat ini, juga memiliki produser—bahkan banyak sekali. Sebagian besar serial TV memiliki setidaknya lima produser di atas garis dan terkadang lebih banyak lagi. Meskipun mereka agak ketinggalan zaman di era streaming ini, seri web juga memiliki produser. Begitu juga media visual dan aural lainnya, termasuk video musik dan podcast. Produser ada di mana-mana, karena proyek tidak akan berjalan tanpa mereka. Dengan kata lain, tidak ada kekurangan pekerjaan yang harus dilakukan bagi produsen di zaman sekarang ini.

Berapa banyak produsen dibayar?

Rata-rata, produser dapat menghasilkan dari $63.000 hingga $750.000 per tahun (tentu saja, produser yang mengerjakan film studio beranggaran besar—seringkali lebih dari satu tahun—dapat menghasilkan jauh lebih banyak). Seperti halnya pekerjaan produksi lainnya, pendapatan produser didasarkan pada berbagai faktor, termasuk pengalaman, lokasi, ruang lingkup, dan anggaran proyek. Laporan tahun 2017 dari Hollywood Reporter menemukan bahwa produser berpenghasilan tinggi dapat menghasilkan jutaan dolar per film, sementara produser studio rata-rata menghasilkan sekitar $750.000 per film dan produser studio pertama kali menghasilkan sekitar $250.000 per film. (Angka-angka ini tergantung pada struktur kompensasi produsen individu, seluk-beluknya dijelaskan di sini.)

Meskipun angka-angka itu tidak diragukan lagi menarik, penting untuk dicatat bahwa penghasilan semacam ini bukanlah norma di seluruh industri, dan jelas tidak berlaku bagi mereka yang baru memulai, kemungkinan besar di media beranggaran rendah, indie, atau digital. ruang angkasa. Menurut laporan tahun 2018 dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, produser film dan video memperoleh rata-rata $84.770 per tahun, dan produser TV rata-rata $63.620 per tahun.

Produsen tidak berserikat; melainkan, mereka dapat memilih untuk menjadi anggota dari Producers Guild of America (PGA), sebuah asosiasi profesional. Karena PGA bukan serikat pekerja, PGA “tidak memiliki Perjanjian Dasar Minimum di seluruh industri saat ini, jadi tingkat pembayaran dapat dinegosiasikan dalam Kontrak Layanan Pribadi seseorang.”

Bagaimana seseorang bisa maju sebagai produser?

Tidak ada satu jalan untuk menjadi produsen dan maju dalam bisnis. Karena produser pada akhirnya mengawasi setiap departemen di lokasi syuting, penting bagi mereka untuk memiliki pengalaman langsung tentang bagaimana rasanya bekerja di dalam kru tersebut, lintas departemen, dan di berbagai tingkatan. Berikut adalah tiga cara populer untuk mendapatkan kaki Anda di pintu:

  • Memulai sebagai asisten produksi dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih besar di kru, dari mana Anda dapat bekerja hingga koordinator produksi, AD ke-2, AD ke-1, manajer produksi, atau produser lini.
  • Memulai sebagai associate atau produser segmen di TV atau produksi beranggaran rendah adalah cara yang baik untuk mendapatkan pengalaman menangani tugas sehari-hari fotografi utama atau memiliki otonomi atas bagian tertentu dari naskah, masing-masing. Banyak produsen juga memulai sebagai asisten atau magang di perusahaan produksi. Jenis posisi ini menawarkan pandangan tentang cara kerja produksi, distribusi, dan publisitas—semua keterampilan yang perlu Anda miliki sebagai produser.
  • Rute lain adalah memasuki industri melalui pascaproduksi sebagai editor. Karena sebagian besar pekerjaan produser terjadi di pos dengan editor, menjadikan diri Anda sebagai editor yang solid tidak hanya akan membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan produser untuk membawa proyek melintasi garis akhir, itu juga cara yang bagus untuk membangun jaringan.
“Tidak peduli posisi Anda, Anda hampir selalu harus melakukan pekerjaan yang Anda inginkan sebelum mendapatkannya,” saran Jennifer Coté (“Saksi Mata”). “[Lakukan] tugas apa pun yang perlu dilakukan dalam pekerjaan berikutnya yang [Anda] cita-citakan.” Singkatnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk maju sebagai produser adalah jaringan, menjadi baik di setiap pekerjaan yang Anda lakukan, dan, mungkin yang paling penting, menjadi seseorang yang orang lain senang berada di sekitar dan bekerja dengan. Ini klise karena suatu alasan: Di Hollywood, ini semua tentang siapa yang Anda kenal.





0 Komentar